Laporan Realisasi APBDes 2023 Menegaskan Komitmen Pemerintah Desa Dewasari pada Visi Misi Pembangunan

Ditulis oleh Muis Maulana
Sekretaris

Dewasari, 19 Januari 2024

Hari ini, pada Jumat, 19 Januari 2024, Desa Dewasari menggelar acara penting dalam rangka mengevaluasi Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2023. Acara yang diselenggarakan di Aula Desa Dewasari ini dihadiri oleh Kepala Desa beserta Perangkat, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) beserta anggota, Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) Desa Dewasari, dan babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Dewasari, Bapak Ninding Badrul Munir, menegaskan pentingnya laporan realisasi APBDes yang harus selaras dengan Visi dan Misi Pemerintah Desa Dewasari. "Laporan realisasi APBDes adalah cerminan dari upaya nyata kita dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan desa. Kita harus memastikan bahwa setiap pengeluaran dan program yang direalisasikan benar-benar memberikan dampak positif sesuai dengan arah yang telah kita tetapkan," ujarnya.

Sekretaris Desa, Muis Maulana yang mewakili Pemerintah Desa, menyampaikan rincian anggaran dalam APBDes 2023. "Rencana APBDes 2023 adalah sebesar Rp. 2.162.360.000 dengan realisasi sebesar Rp. 1.935.836.915. Anggaran tersebut terbagi ke dalam enam bidang belanja Desa, yang meliputi Penyelenggaraan Pemerintah Desa, Pembangunan Desa, Pembinaan Masyarakat, Pemberdayaan Masyarakat, Penanggulangan Mendesak Desa, dan Pembiayaan. katanya.

Mewakili pemerintah Desa, Sekretaris Desa juga menyampaikan informasi tentang kegiatan-kegiatan desa non-APBDes yang telah masuk ke desa. "Selain APBDes, kami juga melaporkan kegiatan-kegiatan desa lainnya yang turut berkontribusi pada pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Ini mencakup berbagai inisiatif dan program yang bersumber dari dana-dana lain, termasuk bantuan dan partisipasi masyarakat," tuturnya.

Dokumentasi

Ketua BPD Desa Dewasari, Wawan Rosmawan, menyoroti peran BPD dalam melakukan pengawasan terhadap realisasi APBDes dan kegiatan non-APBDes. "Sebagai wakil masyarakat, BPD memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa setiap penggunaan anggaran desa sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan masyarakat. Kita perlu bersinergi untuk memastikan bahwa pembangunan desa berjalan sesuai dengan rencana dan harapan bersama," ungkapnya.

LKD Desa Dewasari juga turut memberikan kontribusi dalam diskusi mengenai laporan realisasi APBDes. Mereka membahas isu-isu strategis dan memberikan masukan untuk perbaikan program-program yang akan dilaksanakan di masa mendatang.

Pemerintah Desa Dewasari berkomitmen untuk terus meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan anggaran desa. Laporan realisasi APBDes menjadi landasan untuk evaluasi dan perencanaan lebih lanjut guna memastikan pembangunan desa berjalan sesuai dengan harapan masyarakat.

DOKUMENTASI

 
 
 
 
Dipublikasi pada
Jumat, 19 Januari 2024 16:21 WIB
Bagikan Ke Media Sosial
Muis Maulana
TENTANG PENULIS

Muis Maulana

Sekretaris Desa Dewasari. Muis menjadi pencetus dan pegiat Digitalisasi Desa Dewasari di semua aspek sejak 2022.

Komentar Masyarakat

Silakan berkomentar dengan sopan dan santun:

Berita Lainnya
Lihat Semua

Pelaksanaan Tes Seleksi Perangkat Desa Dewasari Selesai Dilaksanakan

Tak Berkategori

Tim Seleksi Pengangkatan Perangkat Desa Dewasari Sampai Tahap Hasil yang Lulus Administrasi

Tak Berkategori

Pemerintah Desa Dewasari Mulai Seleksi Pengangkatan Perangkat Desa untuk Jabatan Kasi Pemerintahan

Tak Berkategori

Kepala Desa Dewasari Berikan Baju Satlinmas Lengkap untuk Menghadapi Pemilu 2024

Informasi Umum

Pengajian MUI Desa Dewasari di Dusun Cijantung Menyatukan Masyarakat dalam Kebajika

Informasi Umum
Lihat Lebih Banyak

Lebih suka menggunakan aplikasi web saja?

Dengan aplikasi web anda tidak harus menginstall apapun di ponsel anda, cukup di akses melalui browser saja.

MasukDaftar

Kami Siap Membantu

Desa Dewasari memiliki aparatur desa yang Profesional dan Berdedikasi tinggi dalam melayani masyarakat.