MITRA - MITRA PEMERINTAH DESA DEWASARI

Tenaga Pendamping Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa

Kami Siap Membantu

Intan Ratna Maharani, S.E

Koordinator TP P3MD
Kec. Cijeungjing

Nomor SK:

Chintia Seftianty, S.T

TP P3MD Kec. Cijeungjing

Nomor SK:

Bariqli Hidayat, S.T

TP P3MD Kec. Cijeunging

Zaki, S.H

PLD Desa Dewasari

Nomor SK:

TP P3MD Kemendes PDTT

Pendamping Desa merupakan bagian dari program yang diinisiasi oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) di Indonesia. Mereka bertugas sebagai tenaga teknis yang memberikan bantuan dalam hal perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi program-program pembangunan di tingkat desa. Pendamping Desa bekerja sama dengan pemerintah desa dalam meningkatkan kapasitas, efisiensi, dan efektivitas dalam mengelola program-program pembangunan. Tugas utama mereka termasuk membantu dalam penyusunan rencana pembangunan desa, memberikan saran teknis terkait implementasi program, membantu dalam pengelolaan administrasi, serta melakukan monitoring dan evaluasi atas kemajuan program-program tersebut. Program ini bertujuan untuk mempercepat pembangunan di tingkat desa, memberikan bantuan teknis kepada pemerintah desa, serta membantu dalam mengidentifikasi, mengembangkan, dan melaksanakan program-program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa. Pendamping Desa merupakan elemen penting dalam upaya penguatan kapasitas pemerintah desa dalam mengelola dan menjalankan program pembangunan secara lebih efektif.

KEAMANAN DAN KETERTIBAN MASYARAKAT

Kami Siap Membantu

Bripka Aan Gunawan

Bhabinkamtibmas Desa Dewasari

Nomor SK:

SERKA Rakiman

Babinsa Desa Dewasari

Nomor SK:

Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa

Bhabinkamtibmas dan Babinsa adalah dua pos keamanan yang berfungsi sebagai jembatan antara institusi keamanan, masyarakat, dan pemerintah daerah di tingkat lokal di Indonesia. Bhabinkamtibmas adalah petugas kepolisian yang ditempatkan di tingkat desa atau kelurahan. Tugas utama Bhabinkamtibmas adalah menjalin hubungan baik dengan masyarakat setempat, memberikan pelayanan, serta membantu menjaga keamanan dan ketertiban di tingkat masyarakat. Mereka biasanya berperan sebagai fasilitator antara kepolisian dan masyarakat, membantu memberikan informasi tentang kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat), serta memberikan bantuan atau saran kepada masyarakat terkait masalah keamanan. Sementara itu, Babinsa (Bintara Pembina Desa) adalah anggota TNI (Tentara Nasional Indonesia) yang bertugas di tingkat desa atau kelurahan. Tugas Babinsa meliputi pembinaan teritorial, mendukung kegiatan sosial, membantu peningkatan kualitas hidup masyarakat, dan memfasilitasi komunikasi antara TNI dengan masyarakat setempat. Mereka berperan dalam membantu pemerintah dalam kegiatan pembangunan di daerah, serta memberikan bantuan teknis dan kemanusiaan kepada masyarakat di tingkat desa. Kedua pos ini memiliki peran penting dalam menjaga keamanan, mendukung pembangunan, serta memperkuat keterlibatan dan hubungan antara institusi keamanan dengan masyarakat di tingkat lokal. Hal ini membantu terciptanya kondisi yang lebih aman, stabil, dan memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan di tingkat desa atau kelurahan.

KEAGAMAAN

Kami Siap Membantu

H. Wahidin, S.Ag., M.Pd.I

Ketua MUI Desa Dewasari

Nomor SK:

Darsim Rafsanjani, S.Ag

P3UKDK Desa Dewasari

Nomor SK:

Zenal Mudakir, S.Ag

Ketua UPZ Desa Dewasari

Nomor SK:

Keagamaan

MUI Desa adalah singkatan dari Majelis Ulama Indonesia di tingkat desa. Mereka memiliki peran dalam memberikan bimbingan keagamaan, memberikan fatwa, serta menyediakan panduan keagamaan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat di tingkat desa. Petugas Pembantu Pelayanan Urusan Keagamaan adalah individu yang bertugas membantu dalam hal administrasi dan penyelenggaraan urusan keagamaan di tingkat desa. Tugasnya dapat meliputi pendampingan pada kegiatan-kegiatan keagamaan, pengorganisasian acara keagamaan, serta membantu dalam administrasi terkait urusan keagamaan di tingkat desa. UPZ Desa (Unit Pengelola Zakat di tingkat Desa) bertanggung jawab untuk mengelola dana zakat di tingkat desa. Mereka menghimpun dan mengelola dana zakat dari masyarakat desa untuk didistribusikan kepada mereka yang membutuhkan sesuai dengan prinsip-prinsip zakat dalam agama Islam. UPZ Desa berperan dalam menangani kebutuhan sosial dan kemanusiaan di tingkat desa melalui pengelolaan dana zakat dengan tepat dan transparan.

PENYULUH LAPANGAN PERTANIAN DAN PERIKANAN

Kami Siap Membantu

Suci Nurianti, S.P

PPL Pertanian Desa Dewasari

Nomor SK:

Tatang

PPL Perikanan Desa Dewasari

Nomor SK:

..........................

PPL Peternakan

Nomor SK:

PPL Pertanian dan Perikanan

Penyuluh Pertanian dan Penyuluh Perikanan merupakan individu yang memiliki tugas memberikan bantuan teknis, informasi, dan pembinaan kepada petani atau nelayan dalam bidang pertanian atau perikanan. Penyuluh Pertanian: Mereka membantu petani dalam hal teknik bercocok tanam, pemilihan bibit, pemupukan, pengendalian hama dan penyakit, serta praktik-praktik pertanian yang efisien dan berkelanjutan. Selain itu, mereka juga memberikan informasi terkait teknologi pertanian terbaru, pelatihan, bantuan program pemerintah, dan membantu petani dalam mengakses sumber daya yang diperlukan untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Penyuluh Perikanan: Mereka memberikan bantuan teknis kepada nelayan terkait manajemen perikanan, teknik penangkapan ikan yang berkelanjutan, perawatan alat tangkap, pemilihan lokasi penangkapan ikan, dan strategi untuk memasarkan hasil tangkapan. Penyuluh perikanan juga berperan dalam mengedukasi nelayan tentang praktik-praktik perikanan yang bertanggung jawab serta membantu mereka memahami regulasi perikanan yang berlaku. Kedua jenis penyuluh ini memegang peran penting dalam membantu para pelaku pertanian dan perikanan agar dapat mengadopsi teknologi terbaru, praktik yang berkelanjutan, dan strategi yang lebih efektif dalam meningkatkan hasil produksi serta penghidupan mereka.

Mitra Desa

Mari menjelajahi keunikan kami dan ikuti perkembangan Desa Dewasari melalui Profil ini. Temukan esensi dari kehidupan kami yang terwujud dalam setiap detail, mengungkap pesona dan dinamika yang membentuk kami. Saksikan bagaimana kami tumbuh dan berkembang, melalui kisah yang menceritakan perjalanan kami menuju apa yang kami capai saat ini.

Kami Siap Membantu

Desa Dewasari memiliki aparatur desa yang Profesional dan Berdedikasi tinggi dalam melayani masyarakat.